Thursday, December 22, 2011

Lebah Madu Sari Antara

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Lebah madu merupakan hasil hutan non kayu yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi sehingga perlu di budidayakan dan di kembangkan.Budidaya lebah madu yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya masih secara tradisional.banyak masalah-masalah yang di hadapi dalam budidaya lebah madu,diantaranya terbatasnya pakan lebah.mulai pelita IV,pemerintah pusat telah menargetkan produk madu nasional sebesar 12 ribu ton sebagai tolok ukur pengembangan perlebahan.

Untuk mencapai target tersebut tentu harus di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai,salah satunya adalah tersedianya tanaman pakan lebah lebah.ketersediaan pakan lebah merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan beternak lebah madu.banyak pakan lebah antara lain tanaman pangan,tanaman kehutanan,tanaman buah-buahan,tanaman perkebunan,tanaman bunga-bungaan atau rumput liar.jenis-jenis tanaman tersebut mudah didapat dan tersebar didaerah pantai sampai pergunungan.

Maksud dan tujuan

maksun dan tujuan ini adalah suapaya kita dapat memahami dan mengenal jenis-jenis tanaman pakan lebah madu,agar kita dapat memperoleh pakan yang memadai untuk pakan lebah madu jika kita mau melakukan budidaya lebah madu dan dapat melakukan pengangogan di mana tempat yang harus kita melakukan gembala jika pada suatu tempat dimana saat musim sumber pakan lebah yang sedang berbunga.dan memiliki persepsi yang sama dalam memahami jenis-jenis tanaman pakan lebah.

Makanan pakan lebah madu

A. penentuan lokasi Budidaya Lebah Madu

     Lokasi yang dipergunakan untuk budidaya lebah madu harus memnuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1. Tersedianya pakan lebah
2. Dekat dengan sumber air 
3. Bebas dari Asap pertisida dan bau-bau yang tidak enak
4. Tempat teduh terhindar dari matahari langsung dan angin kencang
5. jangan dekat dengan jalan dan rumah penduduk

B. Jenis-jenis Makanan Lebah

Ada dua jenis bahan dasar makanan bagi lebah yaitu nektar dan serbuk sari bunga.kedua-duanya ini berasal dari bunga tanaman/tumbuhan yang hidup di sekitar kita.oleh sebab itu peternak lebah harus mengetahui tanaman apa saja yang menghasilkan nektar atau serbuk sari bunga.


No comments:

Post a Comment

Kegiatan pemindahan koloni lebah

 Kamis, 22 Juli 2021 - Pemindahan koloni lebah apis cerana - - ke stup di lokasi sekolah TK Gp. Darussalam, berasil tanpa harus karantina ra...